LISA ANGGRAINI, LISA ANGGRAINI (2019) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.
Text
Lisa Angraini 1500887201012 PS.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Anggraini, Lisa, 2019. Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Sejarah di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Skripsi FKIP Universitas Batanghari Jambi. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Mata Pelajaran Sejarah dan SMA Islam Al-Falah Kota Jambi Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi, bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru mata pelajaran sejarah, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Proses pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan kepada guru mata pelajaran sejarah dan membagikan kuesioner kepada siswa. Observasi dilakuakan di ruangan kelas XII MIPA 3, dokumen yang digunakan adalah arsip sekolah seperti profil sekolah, jumlah karyawan, dan dokumentasi guru seperti RPP, silabus dan dokumen pembelajaran lainnya. Hasil penelitian kompetensi pedagogik guru mata pelajaran sejarah di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi yaitu : (1) Kemampuan dalam membuat perencanaan pembelajaran, antara lain : a) Mampu merencanakan pengorganisasian bahan pembelajaran, seperti mampu menelah dan menjabarkan materi yang tercantum dalam kurikulum, mampu memilih bahan ajar yang sesuai dengan materi, mampu menggunakan sumber belajar yang memadai. b) Mampu merencanakan pengelolaan pembelajaran yang ingin dicapai sesuai kompetensi, memiliki jenis startegi/metode pembelajaran yang cocok, menentukan langkahlangkah pembelajaran, menentukan cara yang dapat digunakan untuk memotivasi peserta didik. c) Mampu merencanakan penggunaan media dan sarana yang bisa digunakan untuk mempermudah pencapaian kompetensi. d) Mampu merencanakan model penilain proses pembelajaran, seperti menentukan bentuk, prosedur, dan alat penilain. (2) Kemampuan pelaksanaan pembelajaran dengan indikator, antara lain : a) Mampu menerapkan keterampilan dasar mengajar, seperti membuka pelajaran, menjelaskan, bertanya, memberi penguatan dan menutup pelajaran. b) Mampu menerapkan berbagai jenis pendekatan, strategi dan metode pembelajaran. c) Mampu menguasai kelas seperti mengaktifkan peserta didik dalam bertanya, mampu menjawab dan mengarahkan pertanyaan siswa, kerja kelompok dan kerja mandiri.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 09 Oct 2021 04:27 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 04:27 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/728 |
Actions (login required)
View Item |