IMPLEMENTASI PELAKSANAAN UJIAN SEMESTER BERBASIS ANDROID DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI

Erdian Yudhistira Putra, Erdian Yudhistira Putra (2019) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN UJIAN SEMESTER BERBASIS ANDROID DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Erdian YP 1500887201014 PS.pdf

Download (511kB)

Abstract

ABSTRAK Putra, Erdian Yudhistira. 2019. “Implementasi pelaksanaan ujian semester berbasis android dalam mata pelajaran sejarah di SMA negeri 3 kota jambi” skripsi. Prodi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan FKIP universitas Batanghari jambi. Kata Kunci : Persepsi, Ujian Semester berbasis Android 6 Ujian semester berbasis android yang diterapkan oleh SMA Negeri 3 kota Jambi sangat ditentukan oleh persepsi yang dimiliki oleh guru-guru dan siswa, dimana persepsi ini berakar pada pandangan terhadap pelaksanaan ujian berbasis android pengalaman dan pengetahuan guru itu sendiri. Bagi perspektif Peserta didik, Perubahan Ujian konvesional ke arah Ujian berbasis android ini akan berdampak pada reaksi individu, bagi sekolah Seperti SMA Negeri 3 Kota Jambi yang baru mulai menggunakan atau melaksanakan Ujian berbasis android pada tahun 2018, masih ditemukan adanya perbedaan pandangan diantara guru mata pelajaran sejarah dan siswa disekolah tersebut mengenai Ujian semester berbasis android. Oleh karena itu, penelitian ini perlu dilakukan mengingat setiap individu (guru dan siswa) memiliki cara yang berbeda dalam menyingkapi dan Menginterpretasikan Ujian semester berbasis android Sesuai dengan Pengetahuan, pengalaman, dan sistem kepercayaan mereka. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Kota Jambi, Dengan Melibatkan Sample Sebanyak 2 Orang guru mata pelajaran sejarah dan 68 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan snowball. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data, yang meliputi; teknik kuensioner, teknik wawancara terstruktur, dan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dari perspektif guru, kedua subjek yang di wawancarai memiliki tanggapan pada penerapan ujian semester berbasis android menyesuikan perkembangan teknologi informasi, karena mengadalkan ujian konvesional kurang efektif. Apalagi semuanya nyaris menggunakan smartphone dalam beraktivitas sehari-hari juga tentu sangat membantu terutama dalam pembelajaran maupun ujian dalam mata pelajaran sejarah. Dari perspektif siswa menunjukan bahwa, sebagian besar siswa memiliki minat, motivasi dan sikap yang positif terhadap pelaksanaan ujian semester berbasis android yang mereka ikuti. Hal ini terjadi karena siswa merasa tertantang menjadikan ujian berbasis android mata pelajaran sejarah terkesan menyenangkan. Merujuk pada hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa Persepsi guru dan Siswa terhadap pelaksanaan ujian semester berbasis android dalam mata pelajaran sejarah secara umum cenderung menujukkan kearah positif. Oleh karena itu, ujian berbasis android sangat bagus karena menyesuaikan perkembangan zaman saat ini, terbuktinya adanya pelaksanaan ujian berbasis android ini, guru memandang bahwa ujian berbasis android ini lebih baik dari segi pelaksanaannya dari pada ujian sebelumnya ialah ujian konvesional. KATA PENGANTAR

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 09 Oct 2021 04:36
Last Modified: 09 Oct 2021 04:36
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item