ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH NADINE ADELLA ULANI DALAM NOVEL ALONE KARYA CHELSEA KARINA

ADZKIYA PUTRI, ADZKIYA PUTRI (2020) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH NADINE ADELLA ULANI DALAM NOVEL ALONE KARYA CHELSEA KARINA. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Adzikya Putri 1600888201014.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Adzkiya. 2020. Skripsi. Analisis Nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Nadine Adella Ulani dalam Novel Alone Karya Chelsea Karina. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari Jambi. Penelitian ini menganalisis bidang karya sastra, salah satu benuk karya sastra adalah novel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada tokoh Nadine Adella Ulani dalam novel Alone karya Chelsea Karina. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data-data yang peneliti kumpulkan dari kutipan-kutipan yang berkaitan dengan aspek nilai pendidikan karakter pada tokoh Nadine Adella Ulani selanjutnya peneliti tabulasikan ke dalam tabel tabulasi data. Dengan jenis penelitian ini, langkah berikutnya peneliti menganalisis data-data yang telah terhimpun sesuai dengan landasan teori yang peneliti gunakan dan pendekatan struktural sehingga peneliti dapat mendeskripsikan data penelitian ini. Dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, peneliti dapat menggambarkan nilai pendidikan karakter pada tokoh Nadine Adella Ulani dalam novel Alone karya Chelsea Karina. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada tokoh Nadine Adella Ulani dalam novel Alone karya Chelsea Karina memiliki 10 aspek nilai pendidikan karakter yang meliputi aspek nilai jujur sebanyak 8 kutipan, aspek nilai berani tergambar sebanyak 12 kutipan, aspek nilai amanah tergambar sebanyak 2 kutipan, aspek nilai bijaksana tergambar sebanyak 3 kutipan, aspek nilai tanggung jawab tergambar sebanyak 3 kutipan, aspek nilai mandiri tergambar sebanyak 10 kutipan, aspek nilai malu tergambar sebanyak 3 kutipan, aspek nilai kasih sayang tergambar sebanyak 11 kutipan, aspek nilai indah tergambar sebanyak 3 kutipan, dan aspek nilai toleran tergambar sebanyak 5 kutipan. Dari sepuluh aspek tersebut terhimpun sebanyak 60 kutipan. Aspek nilai pendidikan karakter yang paling dominan ditemukan pada aspek nilai berani, sedangkan aspek nilai yang paling sedikit yaitu aspek nilai amanah. Kata kunci: nilai, pendidikan karakter, tokoh, novel.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:53
Last Modified: 11 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item