PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPS MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 3 KOTA JAMBI

Imelda Devita, Imelda Devita (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPS MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 3 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Imelda Devita 1600887203015.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Devita, Imelda. 2020. Skripsi. “Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional dan Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 3 Kota Jambi”. Dosen Pembimbing I: Dr. Mayasari, M.Pd ; Dosen Pembimbing II: Pratiwi Indah Sari, S.Pd, M.Pd.E. Kata Kunci: Ceramah, Konvensional, Role Playing, dan Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran konvensional melalui model ceramah dengan model pembelajaran Role Palying pada mata pelajaran ekonomi dengan materi lembaga jasa keuangan pada kelas X IPS SMAN 3 Kota Jambi. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperiment. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 157 siswa dari seluruh kelas X IPS SMAN 3 Kota Jambi. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu: kelas eksperimen (X IPS 1 sebanyak 39 siswa) dan kelas kontrol (X IPS 4 sebanyak 38 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: wawancara, observasi dan pemberian tes berupa pilihan ganda. Uji instrumen penelitian yang digunakan, yaitu: uji validitas soal, uji reliabilitas soal, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda, uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh analisis pada kelas kontrol hasil pre-test sebanyak 1 orang yang lulus KKM dengan nilai 70 dan pre-test kelas eksperimen sebanyak 8 siswa yang lulus dengan nilai 72.5, 72.5, 70, 72.5, 72.5, 72.5, 70. Sedangkan pada hasil post-test untuk kelas kontrol sebanyak 14 siswa (41,17%) yang lulus diatas KKM, lalu untuk kelas eksperimen sebanyak 24 siswa (75%) yang lulus diatas KKM. Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran tujuan, kompetensi serta hasil belajar siswa yang diharapkan akan dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat memahami serta dapat memilih model pembelajaran yang menarik dan inovatif yang akan membantu siswa dalam proses penyerapan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:55
Last Modified: 11 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item