PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA JAMBI

RISMAYA OKTAVIANI, RISMAYA (2017) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
RISMAYA OKTAVIANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah. Hal ini disebabkan oleh belum efektifnya pembelajaran di kelas dalam proses pembelajaran dengan model konvensional sedangkan siswa yang menerimanya lebih pasif dan takut untuk mengungkapkan asumsi karena mereka beranggapan kalau matematika itu susah untuk dipelajari. Maka guru perlu menerapkan sistem belajar yang menyenangkan dan lebih nyata dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk membantu berpikir kritis siswa agar lebih kritis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Kota Jambi Tahun Ajaran2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, sedangkan sampel yang terambil adalah kelas VII A dan VII D dimana dua kelas ini diberikan perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis siswakelas VII SMP N 2 Kota Jambi pokok bahasan himpunan. Dari hasil penelitian yang dilakukan skor rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 50,8875 dengan simpangan baku 1701,66 dan kelas kontrol rata-ratanya 46,1525 dengan simpangan baku 1715,43 serta hasil hipotesisnya diperoleh t sama dengan 0,42dan t sama dengan 1,67pada taraf

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@unbari.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2020 01:08
Last Modified: 24 Jul 2020 01:08
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item View Item