STUDI PERBANDINGAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VII SMPN 9 KOTA JAMBI

RESTIANA WULANDARI, RESTIANA (2017) STUDI PERBANDINGAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VII SMPN 9 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
RESTIANA WULANDARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan salah satu tujuan mata pelejaran matematika agar peserta didik memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis. Namun siswa masih mengalami kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis. Model pembelajajaran Missouri Mathematics Project (MMP) adalah suatu model pembelajaran yang diharapkan mampu untuk mengembangkan pengetahuan siswa dalam memecahkan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 9 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sedangkan sampel penelitian yang terambil adalah kelas VII A dan VII C, dimana dua kelas sampel ini diberikan perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan rata-rata hasil Post-test siswa yang menerapkan Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Model pembelajaran Langsung. Dari hasil penelitian yang dilakukan nilai rata-rata untuk kelas Eksperimen adalah 53,42 dengan simpangan baku 25,97 dan kelas kontrol rata-ratanya adalah 37,57 dengan simpangan baku 20,93 Serta dari hasil uji Hipotesisnya diperoleh t hitung sebesar 2,56 dan t sebesar 1,67 pada taraf nyata 0,05. Dari hasil perhitungan itu terlihat bahwa t tabel vi hitung lebih besar dari t diterima. Berdasarkan hasil akhir dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik dari pada siswa yang menggunakan Model pembelajaran Langsung pada siswa kelas VII SMPN 9 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@unbari.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2020 01:11
Last Modified: 24 Jul 2020 01:11
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item