STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI

Siti Mahmudah, Siti (2018) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
SITI MAHMUDAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan bentuk kemampuan berpikir yang perlu dikembangkan dalam rangka memecahkan masalah, merumuskan kesimpulan, mengumpulkan berbagai kemungkinan, dan membuat keputusan ketika menggunakan semua keterampilan tersebut secara efektif dalam konteks dan tipe yang tepat. Kemampuan berpikir kritis dapat mendorong siswa memunculkan ide-ide atau pemikiran baru mengenai suatu permasalahan. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dapat membantu siswa membuat kesimpulan dengan mempertimbangkan data dan fakta yang terjadi dilapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan desain eksperimen Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi yang terdiri dari sebelas kelas. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol yang diambil secara random sampling. Dari hasil analisis data yang dilakukan pada dua sampel diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 71,36 dengan simpangan baku 16,17 dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas kontrol 63,82 dengan simpangan baku 15,58, serta hasil uji hipotesis diperoleh

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@unbari.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2020 01:13
Last Modified: 24 Jul 2020 01:13
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item