PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII MIPA 1 DI SMAN 1 KOTA JAMBI

Iknatius Suriani Marpaung, Iknatius Suriani Marpaung (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII MIPA 1 DI SMAN 1 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas batanghri.

[img] Text
Iknatius Suriani Marpaung (1800887203022).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Iknati u s Su r i ani Mar paung, S. P Iknati u s Su r i ani Mar paung, S. PIknati u s Su r i ani Mar paung, S. P Iknati u s Su r i ani Mar paung, S. Pd dd d Marpaung, Iknatius Suriani. 2022. Skripsi “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII MIPA 1 Di SMAN 1 Kota Jambi”. Dosen pembimbing I: Dr. Mayasari, M.Pd ; Dosen pembimbing II: Lili Andriani, S.Pd.,M.M. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII MIPA di SMAN 1 Kota Jambi. (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII MIPA di SMAN 1 Kota Jambi. (3) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII MIPA di SMAN 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Dimana populasi dalam penelitian ini sebanyak 142 siswa dengan sampel 104 siswa. Adapun teknik pengolahan data dalam penelitian ini yaitu Uji Validasi Instrumen Penelitian, Uji Reabilitas Instrumen Penelitian, Analisis Deskriptif Kuantitatif, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemandirian belajar mendapat nilai TCR sebesar 79,43 % dengan kategori Cukup Baik. (2) Hasil perhitungan diketahui bahwa diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) 6,7 sebanyak 57 siswa, dan yang memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) 6,7 sebanyak 35 siswa. (3) Dari hasil perhitungan analisis regresi sederhana terdapat pengaruh kemandirian belajar (X) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 23,1% dengan dibuktikan hasil uji t hit ung sebesar 2,393 lebih besar dari t yaitu sebesar 1,983. Yang menyatakan bawasanya H I diterima dan H ditolak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:13
Last Modified: 27 Sep 2022 04:13
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1304

Actions (login required)

View Item View Item