PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI

Yulinda Yani, Yulinda Yani (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
SKRIPSI FULL YULINDA YANI (2022)-dikonversi.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Yulinda Yani. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Pembimbing Skripsi I: Drs. Kasiono, M.Pd, Pembimbing Skripsi II: Pratiwi Indah Sari, S.Pd, M.Pd.E. Kata Kunci: Motivasi, Kesiapan, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui gambaran motivasi belajar, kesiapan belajar, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Jambi, 2) untuk mengetahui motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Jambi, 3) untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Jambi, 4) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Jambi Adapun desain dalam peneltian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS, dengan jumlah sampel sebanyak 82 siswa. Sementara teknik anaisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda Hasil analis data mengunakan rumus regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 21 diperoleh: 1) motivasi belajar mendapat nilai capaian responden sebesar 78,08% dengan katagori cukup baik, kesiapan belajar nilai capaian responden sebesar 68,28% dengan katagori cukup baik dan hasil belajar nilai siswaa < 67 sebesar 48,54%, hasil belajar dengan nilai siswa = 67 sebesar 2,92%, dan hasil belajar dengan nilai siswa > 67 sebesar 48,54% dengan katagori cukup baik; 2) adapengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,589; 3) ada pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,513; 4) ada pengaruh motivasi dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,417 dan 0,288, ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Jambi

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:25
Last Modified: 10 Nov 2022 03:25
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item View Item