PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 KOTA JAMBI

RIKA APRIYANTI, RIKA APRIYANTI (2022) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
SKRIPSI RIKA APRIYANTI NIM 1700884202013.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Apriyanti, Rika. 2022. Skripsi. Pengaruh Kesiapan Belajar Dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Jambi: Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Batanghari Jambi. Pembimbing (I) Drs.Harman,M.Pd (II) Relawati, M.Pd Kata Kunci : Kesiapan Belajar, dan Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesiapan belajar matematika siswa selama pemebelajaran online kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Jambi. Selama proses pembelajaran online siswa memiliki kecenderungan kesiapan belajar yang rendah. Hal ini dilihat dari banyaknya siswa yang belum bergabung ke whatsapp group dan google clasroom yang telah dibuat oleh guru mata pelajaran matematika, siswa yang kurang merespon digrup saat guru menyampaikan atau mengirimkan materi pelajaran dan siswa yang tidak mengirimkan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,sehingga hal ini mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan uji regresi linier sederhana yang bertujuan untuk mengukur pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah keseluruhan 425 siswa yang terbagi atas 11 kelas. Sample dalam penelitian ini berjumlah 209 siswa yang terbagi 7 kelas yang diambil secara random sampling (teknik acak). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan bantuan angket dan tes uraian.Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 23. Berdasarkan analisis inferensial terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Jambi. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji regresi sederhana diperoleh = 14,938 + 0,311X ,nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 3,378 dan 1,960 sehingga H ditolak. Hasil penelitian ini disimpulkan terdapat pengaruh positif antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika. Besar sumbanga kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 5,2% dan sisanya 94,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:23
Last Modified: 16 Nov 2022 03:23
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1831

Actions (login required)

View Item View Item