PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

Amelia Friska, 1900887203019 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI)
AMELIA FRISKA SKRIPSI LENGKAP FIX.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Friska Amelia. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS Di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Dosen pembimbing I: Drs. Kasiono, M.Pd.; Dosen pembimbing II: Pratiwi Indah Sari, S.Pd., MM., M.Pd.E. Kata Kunci : Ekonomi, Gallery Walk, Minat Belajar. Salah satu model pembelajaran kooperatif. Inti dari pembelajaran adalah pembelajaran siswa secara berkelompok. Melalui kelompok, siswa akan membentuk diskusi, mengerjakan tugas bersama, saling membantu dan mendukung ketika diberikan masalah yang harus didiskusikan. Dengan menggunakan Gallery Walk diharapkan dapat teratasi kendala-kendala pembelajaran . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Gallery Walk terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS Di SMA Negeri 8 Kota Jambi Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena gejala–gejala hasil pengamatan dikonversikan kedalam angka–angka sehingga dapat digunakan teknik statistik untuk menganalisis hasilnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Berdasarkan perhitungan jumlah sampel yang dipilih dalam penelitian adalah berjumlah 99 orang. Tingginya hasil belajar siswa di kelas XII IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi yakni ada 55,6% siswa mendapat hasil belajar diatas KKM. Minat Belajar siswa di kelas XII IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai TCR sebesar 65.23%.Terdapat pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk terhadap minat siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Hal ini terbukti dengan nilai B constant sebesar 9,855 dan nilai X sebesar 0,586. Maka dari nilai tersebut dapat dibuat persamaan regresi sederhana yakni Y= a + bX adalah Y = 9,855+ 0,586X dengan nilai t hitung sebesar 8.202.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi, Gallery Walk, Minat Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: mita perpus unbari
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:11
Last Modified: 10 Apr 2023 04:11
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item View Item