PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 15 MUARO JAMBI

ELFONDA, 2000887203013 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 15 MUARO JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 15 MUARO JAMBI)
Elfonda 2000887203013.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text
06. BAB 1 .pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB)

Abstract

Kata Kunci: Project Based Learning, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 15 Muaro Jambi, 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 15 Muaro Jambi, 3) Untuk mengetahui bagaimana perbedaan penggunaan model pembelajaran project based learning dan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 15 Muaro Jambi Penelitian ini menggunakan jenis penelitan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Adapun Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas XI dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 19 siswa dan kelas kontrol sebanyak 22 siswa, sementara teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi tergolong baik, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata TCR kelas kontrol sebesar 77,10 sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata TCR sebesar 76,81, 2) Penggunaan model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dari perolehan nilai yang diperoleh dari hasil nilai rata-rata siswa yang lulus di atas KKM pada tes pre-test sebesar15,78% dan hasil nilai rata-rata siswa yang lulus di atas KKM pada tes post-test sebesar 73,68% serta pada pelaksanaan perlakuan peneliti melihat adanya motivasi yang muncul pada saat pembelajaran di kelas seperti siswa menjadi lebih aktif, lebih sering bertanya, dan lebih berani menjawab pertanyaan yang diberikan, 3) Penggunaan model pembelajaran project based learning dan pembelajaran konvensional memilki perbedaan terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji t yang mana t hitung > t tabel sebesar 8,10 >1,68 dan hasil uji anova dua jalur yang mana F hitung > F tabel sebesar 4,453 >3,52.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 29 May 2024 03:04
Last Modified: 29 May 2024 03:04
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3235

Actions (login required)

View Item View Item