ELFONDA, 2000887203013 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 15 MUARO JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 15 MUARO JAMBI)
Elfonda 2000887203013.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
01. COVER.pdf - Published Version Download (161kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (474kB) |
|
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (232kB) |
|
Text
06. BAB 1 .pdf - Published Version Download (289kB) |
|
Text
10. BAB 5.pdf - Published Version Download (210kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (195kB) |
Abstract
Kata Kunci: Project Based Learning, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 15 Muaro Jambi, 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 15 Muaro Jambi, 3) Untuk mengetahui bagaimana perbedaan penggunaan model pembelajaran project based learning dan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 15 Muaro Jambi Penelitian ini menggunakan jenis penelitan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Adapun Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas XI dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 19 siswa dan kelas kontrol sebanyak 22 siswa, sementara teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi tergolong baik, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata TCR kelas kontrol sebesar 77,10 sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata TCR sebesar 76,81, 2) Penggunaan model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dari perolehan nilai yang diperoleh dari hasil nilai rata-rata siswa yang lulus di atas KKM pada tes pre-test sebesar15,78% dan hasil nilai rata-rata siswa yang lulus di atas KKM pada tes post-test sebesar 73,68% serta pada pelaksanaan perlakuan peneliti melihat adanya motivasi yang muncul pada saat pembelajaran di kelas seperti siswa menjadi lebih aktif, lebih sering bertanya, dan lebih berani menjawab pertanyaan yang diberikan, 3) Penggunaan model pembelajaran project based learning dan pembelajaran konvensional memilki perbedaan terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji t yang mana t hitung > t tabel sebesar 8,10 >1,68 dan hasil uji anova dua jalur yang mana F hitung > F tabel sebesar 4,453 >3,52.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 29 May 2024 03:04 |
Last Modified: | 29 May 2024 03:04 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3235 |
Actions (login required)
View Item |