ENDRA WANTO, 1700822201135 (2024) PENGARUH GERAK U-TURN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI JALAN D.I. PANJAITAN. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.
Text (PENGARUH GERAK U-TURN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI JALAN D.I. PANJAITAN)
00. ENDRA WANTO 1700822201135.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
01. COVER.pdf - Published Version Download (31kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (649kB) |
|
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (96kB) |
|
Text
06. BAB I.pdf - Published Version Download (85kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf - Published Version Download (73kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (114kB) |
Abstract
Permasalahan transportasi di kota-kota besar di Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu sejalan dengan pertumbuhan populasi, pesatnya tingkat pertumbuhan jumlah kendaraan dan kepemilikan kendaraan, urbanisasi serta sistem angkutan umum yang kurang efisien. Hal ini berdampak pada turunnya tingkat kinerja ruas jalan, termasuk perilaku gerak u-turn pada bukaan median jalan (Rohani, 2010). Pada kendaraan tertentu, untuk melakukan gerak u-turn tidak bisa secara langsung melakukan perputaran dikarenakan kondisi kendaraan yang tidak memiliki radius perputaran yang cukup, sehingga akan menyebabkan kendaraan lain akan terganggu bahkan berhenti baik dari arah yang sama maupun dari arah yang berlawanan yang akan dilalui. Jalan DI. Panjaitan yang ada dikota Jambi merupakan jalan yang cukup vital dengan tipe jalan 2 lajur 2 arah (2/2), dimana ada sebagian jalan yang menggunakan pemisah jalan permanen danada pula yang tidak menggunakan pemisah jalan. Dengan kondisi jalan yang termasuk kawasan pemukiman, pertokoan, sekolahan, rumah sakit, tempat ibadah, dan sebagainya menyebabkan lalu lintas jalan tersebut mengalami perkembangan sesuai dengan keadaan sekitar jalan tersebut. Untuk itulah, perlu diadakan tinjauan terhadap sistem lalu lintas yang ada dengan dibuatnya pemisah arah pada jalan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dihitung maka dapat diperoleh volume U-turn mempengaruhi derajat kejenuhan (DS) dengan korelasi positif maka derajat kejenuhan paling tinggi diperoleh dengan nilai koefisien korelasi 0,89 dari nilai koefisien tersebut menunjukan bahwa semakin besar volume U-turn maka semakin besar pula pengaruh terhadap derajat kejenuhan (DS). Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh tingkat pelayanan jalan kendaraan di Jl. DI Panjaitan dengan volume tingkat pelayanan jalan nya 0,56 maka dapat memiliki tingkat pelayanan C. Dimana Arus stabil, tetapi kecepatan gerak kendaraan dikendalikan. Kata Kunci: Putar Balik (U-turn), Kinerja U-turn, Kinerja Lalu Lintas
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Putar Balik (U-turn), Kinerja U-turn, Kinerja Lalu Lintas |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 06:14 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 06:14 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3371 |
Actions (login required)
View Item |