PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA KAHOOT! TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 04 TEBO

WINDI DANIKA, 2000884202001 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA KAHOOT! TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 04 TEBO. skripsi thesis, UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (769kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA KAHOOT! TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 04 TEBO)
WINDI DANIKA 2000884202001.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Tebo. Salah satu penyebabnya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang interaktif dan masih didominasi oleh metode pembelajaran konvensional, yang membuat siswa kurang aktif dan cenderung pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intelectually, and Repetition (AIR) berbantuan media Kahoot! terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Tebo. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 04 Tebo tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling sehingga terpilih dua kelas sampel dimana kelas VII.2 sebagai kelas ekperimen yang mengunakan model pembelajaran Auditory, Intelectually, and Repetition (AIR) berbantuan media Kahoot!, dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen meningkat dari 36,09 pada pretest menjadi 72,61 pada posttest. Sedangkan kelas kontrol meningkat dari 37,58 pada pretest menjadi 64,69 pada posttest. Uji selisih dua rata-rata menggunakan uji-t menunjukkan bahwa t_hitung=2,31 dan t_tabel=1,6753 pada taraf nyata 0,05. Karena t_hitung lebih besar dari pada t_tabel, maka H_1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory, Intelectually, and Repetition (AIR) berbantuan media Kahoot! terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Tebo dengan besar pengaruh sebesar 0,633 dan tergolong kedalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Auditory, Intelectually, and Repetition, Media Kahoot!, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 02 Nov 2024 02:29
Last Modified: 02 Nov 2024 02:29
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3563

Actions (login required)

View Item View Item