HUBUNGAN VOLUME KECEPATAN DAN KERAPATAN DI RUAS JALAN SULTAN AGUNG KOTA JAMBI METODE GREENSHIELD DAN GREENBERG

RENO SAPUTRA, 1900822201044 (2024) HUBUNGAN VOLUME KECEPATAN DAN KERAPATAN DI RUAS JALAN SULTAN AGUNG KOTA JAMBI METODE GREENSHIELD DAN GREENBERG. skripsi thesis, UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (23kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (949kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (HUBUNGAN VOLUME KECEPATAN DAN KERAPATAN DI RUAS JALAN SULTAN AGUNG KOTA JAMBI METODE GREENSHIELD DAN GREENBERG)
RENO SAPUTRA 1900822201044.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Transfortasi merupakan sarana yang sangat Penting Untuk melakukan kegiatan aktifitas sehari-hari bagi kehidupan. Perkembangan transfortasi di Indonesia khususnya di kota-kota besar seperti di kota jambi yang semakin hari semakin meningkat. Akan tetapi peningkatan jumlah kendaraan tidaklah diikuti dengan fasilitas yang memadai. seiring berjalannya waktu. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan volume yang terus bertambah pada kota jambi, banyak ditemui terjadinya kemacetan lalu lintas pada titik tertentu dan pada waktu tertentu. kemacetan yang sering terjadi setiap hari dikarenakan akibat dari parkir liar pada ruas jalan dan pertokoan serta perhotelan yang menyebabkan ruas jalan menjadi kecil sehingga kendaraan yang melintas akan mengurangi kecepatan pada akhirnya terjadi penurunan kinerja pada jalan tersebut.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara volume (Q), Kecepatan (V), dan Kerapatan (D) dalam dua metode, yaitu metode Greenshield dan Metode Greenberg. Dari hasil penelitian dan analisis data arus lalu lintas, metode yang paling baik untuk menggambarkan kerapatan pada saat macet total (Dj) adalah Greenshield, mendapatkan nilai 109,508- 111,461 Smp/Jam,sedangkan metode Greenberg memperoleh nilai Dj begitu kecil yaitu antara 14,335 – 15,757 Smp/Jam.Metode Greenshield mendapat nilai volume Maksimum/Kapasitas antara 1124,335- 1152,435 Smp/Jam, Sedangkan metode Greenberg mendapat nilai volume 132,647- 133,279 Smp/Jam yang tidak sesuai dengan kapasitas dasar jalan di lokasi penelitian. Nilai kecepatan maksimum pada ruas jalan Sultan Agung Kota Jambi pada metode greenshield yaitu 20,175-21,048 Km/Jam. Sedangkan nilai Kecepatan maksimum pada metode Greenberg yaitu 22,72-25,316 Km/Jam. Jalan Sultan Agung Kota Jambi perlu mendapatkan manajemen lalu lintas mulai dari sekarang, dengan memperhitungkan kondisi volume, kecepatan, kepadatan lalu lintas yang ada, sehingga kapasitas jalan yang tidak seimbang dengan arus lalu lintas yang menjadi permasalahan lalu lintas untuk kedepannya bisa diantisipasi sejak dini, yaitu masalah kemacetan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Greenshield, Greenberg, Volume, Kecepatan, Kepadatan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 18 Nov 2024 01:47
Last Modified: 18 Nov 2024 01:47
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3722

Actions (login required)

View Item View Item