PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP NILAI PENJUALAN PADA PT. JAMBI EXPRESS TOUR JAMBI

SAMSURI SIREGAR, 1100861201111 (2016) PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP NILAI PENJUALAN PADA PT. JAMBI EXPRESS TOUR JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11kB)
[img] Text (PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP NILAI PENJUALAN PADA PT. JAMBI EXPRESS TOUR JAMBI)
SAMSURI SIREGAR 1100861201111.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Konsumen yang menggunakan jasa PT. Jambi Express Tour dalam lima tahun terakhir menunjukkan tren fluktuatif namun cenderung meningkat, dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 29,15%. Sementara itu, rata-rata perkembangan biaya promosi adalah sebesar 3,54%, dan nilai penjualan mengalami penurunan rata-rata sebesar 16,22% selama periode yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan biaya promosi dan nilai penjualan, serta menganalisis pengaruh biaya promosi terhadap nilai penjualan pada PT. Jambi Express Tour. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 20. PT. Jambi Express Tour merupakan perusahaan jasa perjalanan umroh dan haji di Kota Jambi yang dirintis oleh Ibu Zulva Hasanah, SE. Perusahaan ini memberikan berbagai kemudahan dalam pelayanan ibadah umroh, salah satunya melalui kerja sama dengan Bank Muamalat Cabang Jambi. Hasil analisis menunjukkan persamaan regresi Y = -7,745 + 2,244X, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,596. Hal ini berarti 59,6% variasi dalam nilai penjualan dapat dijelaskan oleh biaya promosi, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar model. Nilai korelasi sebesar 0,772 menunjukkan hubungan yang kuat antara biaya promosi dan nilai penjualan. Berdasarkan uji t, terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya promosi terhadap nilai penjualan, ditunjukkan oleh nilai thitung (3,433) > ttabel (2,306). Kegiatan promosi yang dilakukan PT. Jambi Express Tour meliputi periklanan, personal selling, dan promosi penjualan, yang keseluruhannya telah dijalankan dengan baik dan memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan nilai penjualan perusahaan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya Promosi, Nilai Penjualan, Regresi Linier, PT. Jambi Express Tour, SPSS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 16 May 2025 04:48
Last Modified: 16 May 2025 04:48
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3992

Actions (login required)

View Item View Item