M. RIZKY APRIYANTO, 180087420116 (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN YANG TIDAK BERLABEL BAHASA INDONESIA PADA SWALAYAN INDOMARET DI KELURAHAN SOLOK SIPIN KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.
![]() |
Text
01. COVER.pdf - Published Version Download (62kB) |
![]() |
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (151kB) |
![]() |
Text
02. LEMBAR PENGESHAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
6. BAB I.pdf - Published Version Download (299kB) |
![]() |
Text
10. BAB V.pdf - Published Version Download (113kB) |
![]() |
Text
11. DAFTAR PUSTАКА.pdf - Published Version Download (168kB) |
![]() |
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN YANG TIDAK BERLABEL BAHASA INDONESIA PADA SWALAYAN INDOMARET DI KELURAHAN SOLOK SIPIN KOTA JAMBI)
M. RIZKY APRIYANTO 180087420116.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Adapun menjadi tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui bentuk perlindungan konsumen terhadap konsumen produk makanan dan minuman yang tidak berlabel Bahasa Indonesia pada Swalayan Indomaret di Kelurahan Solok Sipin Kota Jambi, (3) Untuk mengetahui kendala-kendala dan upaya dalam dalam melakukan pengawasan terhadap terhadap konsumen produk makanan dan minuman yang tidak berlabel Bahasa Indonesia pada Swalayan Indomaret di Kelurahan Solok Sipin Kota Jambi. Hasil penelitian (a) Bentuk Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Makanan dan Minuman Yang Tidak Berlabel Bahasa Indonesia Pada Swalayan Indomaret di Kelurahan Solok Sipin Kota Jambi yaitu melalui. (1) asas nanfaat, (2) ) asas Keadilan Bagi Konsumen, (3) asas Keseimbangan, (4) asas Keamanan dan Keselamatan dan (4) asas Kepastian Hukum. Kemampuan dan kemandirian konsumen untuk melindungi iri, mengangkat harkat dan martabat konsumen , meningkatkan pemberdayaan konsumen dalam memilih, menentukan, dan menuntut hak-haknya sebagai konsumen, meningkatkan kualitas produk-produk yang menjamin kelangsungan usaha produksi barang, kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan konsumen, () Kendala-kendalanya adalah Masih lemahnya pengawasan bagian Audit/Seleksi Barang yang masuk, (2) Masih Kurangnya Tenaga Pengawasan di Swalayan Terkait, (3) Pihak konsumen yang Dirugikan Tidak Melapor ke Pihak Swalayan, (4) Masih Kurangnya Pengawasan dari Pihak Badan POM. Berdasarkan Pasal 4 huruf c Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, disebutkan bahwa konsumen mempunyai hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi jaminan barang.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Produk Makanan dan Minuman, Berlabel Bahasalndonesia |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:45 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:45 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/4043 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |