PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS VIII SMPN 22 BATANGHARI

DIANA APRIANTI, DIANA (2018) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS VIII SMPN 22 BATANGHARI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
DIANA APRIANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan salah satu tujuan mata pelejaran matematika agar peserta didik memiliki kemampuan pemecahan masalah yang meliputi kemampuan pemecahan masalah, namun kemampuan siswa masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan siswa untuk mengembangkan pemahaman siswa melalui berbagai kegiatan dan hasil yang sesuai dengan pengembangan yang dilalui siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 22 Batanghari Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sedangkan sampel penelitian yang terambil adalah kelas VIII B dan VIII C. dimana dua kelas sampel ini diberikan perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan rata-rata hasil Post-test siswa yang menerapkan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Langsung. Dari hasil penelitian yang dilakukan nilai rata-rata untuk kelas Eksperimen adalah 76,92 dengan simpangan baku 14,42 dan kelas kontrol rata-ratanya adalah 67,93 dengan simpangan baku 10,60. Serta dari hasil uji Hipotesisnya diperoleh t hitung sebesar 2,56 dan t hasil perhitungan itu terlihat bahwa t tabel sebesar 1,68 pada taraf nyata 0,05. Dari hitung lebih bsar dari t tabel diterima. Berdasarkan hasil akhir dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Langsung pada siswa kelas VIII SMPN 22 Batanghari.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@unbari.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2020 12:57
Last Modified: 25 Jul 2020 12:57
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item