INTAN NURANI, INTAN NURANI (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 35 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2014/2015. skripsi thesis, Universitas Batanghari.
Text
Skripsi Intan Nurani FKIP MTK.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurani, Intan. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 35 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2014/2015.Skripsi.Universitas Batanghari. Pembimbing 1.Drs. Harman, M. Pd.Pembimbing 2. Sri Dewi, M. Pd. Kata kunci: Motivasi belajar, minat belajar, dan hasil belajar Minat dan motivasi dalam belajar merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa.Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMPN 35 Muaro Jambi Tahun ajaran 2014/2015.Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 35 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2014/2015?, 2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 35 Muaro jambi Tahun Ajaran 2014/2015?, 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 35 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2014/2015? Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan rancangan penelitian regresi dan korelasi, subjek penelitian sebanyak 44 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data motivasi belajar, minat belajar, dan data hasil belajar Matematika diperoleh melalui dokumen nilai rapor. Semua data dianalisis dengan teknik analisis statistik. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar ditunjukkan dengan nilai korelasi 0,84 dalam kategori kuat/tinggi, (2) terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai korelasi 0,77 dalam kategori sedang/cukup, dan 3) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan mina tbelajar terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai korelasi 0,73 dalam kategori sedang/cukup. Persamaan regresi linier berganda yang diperoleh dari penelitian tentang pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 35 Muaro Jambi adalah:Y = 26,12 + 0,77 X 1 + 0,35 X , 4) siswa yang memperoleh hasil belajar dengan kategori rendah berjumlah 16%, kategori sedang 57%, dan tinggi 27%Dari hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa pengaruh motivasi belajar dan minat belajar memberikan kontribusi sebesar 71% terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMPN 35 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 02:59 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 02:59 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1027 |
Actions (login required)
View Item |