PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KREDIT LOGAM MULIA ANTARA NASABAH DENGAN.. PT. PEGADAIAN (PERSERO) UNIT PELAYANAN CABANG SIMPANG CANDRA KOTA JAMBI

AYU DIAN SAHILA, AYU DIAN SAHILA (2021) PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KREDIT LOGAM MULIA ANTARA NASABAH DENGAN.. PT. PEGADAIAN (PERSERO) UNIT PELAYANAN CABANG SIMPANG CANDRA KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP AYU DIAN SAHILA (1700874201290).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sahila, Ayu Dian. 2021.Penyelesaian Wanprestasi Dalam Perjanjian Kredit Logam Mulia Antara Nasabah Dengan PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Simpang Candra Kota Jambi. Perdata. Fakultas Hukum Universitas Batanghari Jambi. H. Iman Hidayat Siregar, S.H., M.H.1). Nazifah, S. IP., M.H.2) Kata kunci: Wanprestasi, Perjanjian, Kredit, Logam Mulia. Perkembangan kehidupan masyarakat saat ini kian lama kian maju seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, begitu pula dengan kebutuhan-kebutuhan yang selalu terus bertambah, Mengenai kebutuhan tersebut, banyak sektor usaha di bidang keuangan berlomba-lomba untuk menarik simpati masyarakat untuk membantu pemenuhan kebutuhannya, salah satunya adalah PT. Pegadaian. Pada pelaksanaannya, PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Simpang Candra Kota Jambi mengalami wanprestasi, dalam hal ini berupa wanprestasi dalam perjanjian kredit Logam Mulia oleh nasabah. Permasalahan dalam penelitian ini: (1) Apa kendala dalam penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian kredit logam mulia antara nasabah dengan PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Simpang Candra Kota Jambi? (2) Bagaimana upaya penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian kredit logam mulia antara nasabah dengan PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Simpang Candra Kota Jambi?. Tipe penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris, yang merupakan suatu penelitian yang bertujuan untuk menelaah perilaku hukum warga masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian kendala dalam penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian kredit Logam Mulia ini yaitu, usaha nasabah yang sedang lesu; meningkatnya biaya kebutuhan hidup; keadaan perekonomian akibat dampak dari pandemi yang tidak terduga dan hal-hal lain diluar prediksi. Upaya penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian kredit Logam Mulia ini yaitu peringatan perusasif, somasi, dan lelang. Kepada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Simpang Candra Kota Jambi agar dapat mempertahankan dan meningkatkan cara penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian kredit Logam Mulia serta kepada nasabah PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Simpang Candra Kota Jambi agar sebelum mengajukan pembiayaan kredit Logam mulia, hendaknya dapat memperkirakan kedepannya apakah kira-kira sanggup untuk melunasi pembayaran angsuran kreditnya agar dilain waktu tidak terjadi wanprestasi. 1 2 Pembimbing Skripsi I Pembimbing Skripsi II

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:08
Last Modified: 17 Jan 2022 03:08
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item View Item