PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMPN 6 KOTA JAMBI

LAILATUL BUDIHARMI, LAILATUL (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMPN 6 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
LAILATUL BUDIHARMI.pdf

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada LKS yang digunakan oleh SMP N 6 Kota Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKS berbasis pendekatan Realistic Matematics Education (RME) pada materi bentuk aljabar yang valid, praktis, dan efektif Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya sering disebut Research and Development (R&D). Penelitian ini mengacu pada salah satu model pengembangan yaitu model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap pengembangan yaitu: analisis (analysis), Pengembangan (develompment), implementasi (implement) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 6 Kota Jambi. Instrumen penelitian pada pengembangan ini berupa angket dan soal. Angket terdiri dari lembar validasi oleh 3 orang ahli, yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli media serta angket uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Sedangkan instrumen berbentuk soal terdiri dari soal pre-test dan post-test. Setelah LKS ini dikembangkan, LKS divalidasi oleh 3 orang validator. Persentase hasil yang diperoleh setelah validasi adalah: untuk penilaian ahli materi sebesar 84,7% dengan kategori “sangat valid”, ahli desain sebesar77,8% dengan kategori “valid” dan ahli media 84% dengan kategori “sangat valid. Kemudian LKS di uji cobakan, presentase hasil uji coba yang diperoleh adalah: uji coba perorangan sebesar 91,4% dengan kategori “sangat praktis”, uji coba kelompok kecil sebesar 90% dengan kategori “sangat praktis” dan uji coba lapangan sebesar 89,4% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya untuk menilai keefektifan LKS dilihat dari hasil pre-test dan post-test yang dilakukan oleh siswa, kemudian dihitung menggunakan perhitungan statistik uji-t, diperoleh t hitung sebesar 8,70 dan t tabel sebesar 2,03, karna t maka dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan efektif. Berdasarkan uraian diatas maka didapat hasil penelitian pengembangan LKS berbasis RME dikategorikan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@unbari.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2020 13:51
Last Modified: 25 Jul 2020 13:51
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/108

Actions (login required)

View Item View Item