ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR INTUITIF SISWA YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR TIPE JUDGING DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI KELAS X SMA NEGERI 5 BATANGHARI

KHODRIYAH, KHODRIYAH (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR INTUITIF SISWA YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR TIPE JUDGING DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI KELAS X SMA NEGERI 5 BATANGHARI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
KHODRIYAH.pdf

Download (21MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan karakter berpikir intuitif siswa gaya belajar tipe judging dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Batanghari dengan jumlah 161 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode wawancara. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri sedangkan instrumen lainnya yaitu angket MBTI (Myers Briggs Type Indicator) yang diadopsi langsung dari buku Tim Psikologi (Babon Psikotes Paling Update), nilai hasil belajar siswa, lembar tes soal matematika, dan pedoman wawancara.. Proses berpikir intuitif dalam menyelesaikan soal matematika dari subjek penelitian diungkap melalui pengamatan, dan wawancara berdasarkan lembar tugas kemampuan berpikir intuitif dalam menyelesaikan soal matematika dimana lembar tugas kemampuan berpikir intuitif siswa dalam menyelesaikan soal matematika dan pedoman wawancara telah di validasi oleh validator. Data dianalisis berdasarkan indikator menyelesaikan soal matematika menurut Polya yang meliputi (1) memahami soal (2) merencanakan penyelesaian soal (3) melaksanakan rencana penyelesaian soal (4) melihat kembali kebenaran penyelesaian soal yang telah dibuat dan indikator berpikir intuitif yang diamati menurut Westcott yaitu (1) catalic inference (2) power of synthesis (3) cammon sense. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakter berpikir intuitif yang digunakan STJ dalam menyelesaiakan soal SPLTV antara lain: common sense, globality, intrinsic certainty dan perseverance. (2) karakter berpikir intuitif yang digunakan SSJ dalam menyelesaiakan soal SPLTV antara lain: common sense, globality.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@unbari.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2020 14:33
Last Modified: 25 Jul 2020 14:33
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item