PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

UNDI HERMANTO, UNDI (2019) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
UNDI HERMANTO.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran kebiasaan belajar dan lingkungan teman sebaya siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Kota Jambi, (2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Kota Jambi, (3) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Kota Jambi, dan (4) pengaruh kebiasaan belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah metode survey, yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 163 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proportional random sampling, sehingga terpilih 116 orang siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah dengan menyebarkan angket kepada responden penelitian dan dokumentasi hasil belajar masing-masing responden penelitian yang diperoleh dari guru mata pelajaran Ekonomi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah regresi berganda dengan program SPSS for Windows Version 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kebiasaan belajar dan lingkungan teman sebaya siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Kota Jambi tergolong baik, (2) kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai t (7,694 > 1,98118), (3) lingkungan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai t (7,464 > 1,98118), dan (4) kebiasaan belajar dan lingkungan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai F hitung > F (39,835 > 3,08). Selanjutnya, nilai koefisien korelasi (R) variabel kebiasaan belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar adalah 0,643. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R tabel ) adalah 0,414. Artinya sumbangan variabel kebiasaan belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar adalah 41,4% dan sisanya sebesar 58,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository@unbari.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2020 15:22
Last Modified: 25 Jul 2020 15:22
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item View Item