PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

HARDIANI FATNA LISTIANTI, HARDIANI FATNA LISTIANTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas batanghri.

[img] Text
HARDIANI FATNA LISTIANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Listianti, Hardiani Fatna, 2022. Skirpsi. Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Pembimbing 1: Satriyo Pamungkas, M.Pd. Pembimbing II: Deki Syaputra, M. Hum. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemandirian siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimen). Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 284 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling, sehingga terpilih 35 peserta didik kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan 35 peserta didik kelas XI IPS 1 sebagai kelas Ekperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menyebarkan Angket kepada responden penelitian serta dokumentasi. Teknik Analisis data pada penelitian ini adalah Uji t dengan menggunakan program SPSS For Windows Version 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil Pre-Test & Post-Test kelas Eksperimen memperoleh dengan jumlah nilai 4083. (2) hasil nilai Pre-Test & Post-Test Kelas Kontrol memperoleh dengan jumlah nilai 3350. Dan dapat dilihat dengan analisis yang digunakan dengan menggunakan uji Normalitas dengan hasil nilai signifikasi, 0,448 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa residual berdistribusi normal, di lanjutkan analisis homogenitas dengan hasil Sig. Levenc statistic > 0,05 yaitu 0,17 > 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa data penelitian adalah homogen., dan uji Test(t) t hitung 11.174 dan nilai sig 000, sehingga, nilai Sig,000 < 0,05 maka H o ditolak. Artinya, terdapat pengaruh signifikasi terhadap penggunaan model pembelajaraan Flipped Classroom terhadap kemandirian siswa pada mata pelajaran sejarah. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti peroleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemandirian siswa pada mata pelajaran sejarah keals XI IPS SMA Negeri 8 Kota jambi. Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Kemandirian Siswa Kelas XI IPS. v

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:36
Last Modified: 27 Sep 2022 03:36
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item View Item