Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 3 Kota Jambi

Putri Adelina Pulungan, Putri Adelina Pulungan (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 3 Kota Jambi. skripsi thesis, Universitas batanghri.

[img] Text
PUTRI ADELINA FKIP EKONOMI (1800887203019).pdf

Download (3MB)

Abstract

BSTRAK Adelina Putri. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Pembimbing Skripsi I: Dr. Mayasari, M.Pd, Pembimbing Skripsi II: Pratiwi Indah Sari, S.Pd, MM, M.Pd.E. Kata Kunci: Flipped Classroom, Pemahaman Konsep. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS di SMA Negeri 3 Kota Jambi, 2) untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran flipped classroom terhadap pemahaman konsep mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 3 Kota Jambi, 3) untuk mengetahui perbandingan efektifitas pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional dan flipped classroom terhadap pemahaman konsep mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Adapun desain dalam peneltian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS, dengan jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Sementara teknik anaisis data yang digunakan adalah teknik analisis ancova dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model konvensional tergolong rendah, hal ini terbukti dari banyaknya siswa yang mendapat nilai rendah pada saat penelitian dilakukan, 2) pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi menggunakan model Flipped Classroom meningkat, hal ini terbukti dari presentasi nilai tertinggi kelas eksperimen 60 sedangkan kelas kontrol 58, 3) terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada pemahaman konsep siswa sebelum menggunakan model Flipped Classroom dan setelah menggunakan model Flipped Classroom dimana presentasi terbesar pada kelas kontrol berkisar antara 36-41 dan pada kelas eksperimen presentase terbesar pada kisaran 48-53.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:53
Last Modified: 06 Oct 2022 07:53
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1419

Actions (login required)

View Item View Item