Putri Royani, Putri Royani (2022) Pengaruh Responsive Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Sari Indah di Merlung Jambi. skripsi thesis, Universitas batanghri.
Text
putriroyani(1800861201085).pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK (PUTRI ROYANI / 1800861201085 / 2022/ PENGARUH RESPONSIVE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN SARI INDAH DI MERLUNG / PEMBIMBING 1 M. ALHUDHORI, SE., MM. / PEMBIMBING II RIKO MAPPADECENG, SE.,MM.) Persaingan yang ketat dalam dunia bisnis terjadi pada berbagai bidang, termasuk bisnis kuliner. Saat ini bisnis kuliner memiliki prospek yang menjanjikan karena kebutuhan masyarakat akan makanan dan minuman. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi yang diterima terhadap kinerja atau hasil. Pemberian pelayanan yang baik kepada konsumen akan menciptakan kepuasan konsumen. Dari 5 indikator kualitas pelayanan yang paling mendasar adalah responsive. Responsive adalah bagaimana pelayanan yang diberikan pelayan kepada konsumen. Metode pengumpulan data dan informasi tersebut dilakukan dengan cara penelitian lapangan dan penelitian Pustaka. Berdasarkan metode penentuan sampel, maka ditentukan sampel yang digunakan 99 responden. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana serta koefisien determinasi dan korelasi. Rumah makan sari indah hanya berdiri sebagai usaha tunggal yang tidak memiliki cabang, rumah makan ini berdiri sejak tahun 1997 yang berada di km.78 Jl.lintas timur Jambi-Pekanbaru. Memiliki fasilitas yang mendukung untuk kenyaman konsumen dan area parkir yang luas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada pengaruh positif signifikan responsive terhadap kepuasan konsumen di rumah makan sari indah. hasil dari analisis regresi liniear sederhana adalah Y=0,663+0.872x+e dimana nilai koefisdien regresi variabel sebesar 0,872. Nilai koefisien korelasi adalah 0,803 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara variabel responsive (x) dengan kepuasan konsumen(y). koefisien determinasi sebesar 0,645 yang menyatakan bahwa responsive (x) mampu menjelaskan variabel kepuasan konsumen (y) sbesar 64,5% dan sisanya sebesar 35,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Hasil uji hipotesis (uji t) diperoleh angka t hitung 2,925>1.9847 (t table) makan Ho ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian ada pengaruh signifikan antara responsive terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan sari indah. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa responsive karyawan pada rumah makan sari indah memiliki kategori sangat baik, dalam artian konsumen merasa puas atas semua bentuk responsive dalam melayani konsumen yang diberikan oleh karyawan. 8 ABSTRACT (PUTRI ROYANI / 1800861201085 / 2022/ EFFECT OF RESPONSIVE ON CONSUMER SATISFACTION AT SARI INDAH RESTAURANT IN MERLUNG / ADVISOR 1 M. ALHUDHORI, SE., MM. / ADVISOR II RIKO MAPPADECENG, SE., MM.) Intense competition in the business world occurs in various fields, including the culinary business. Currently the culinary business has promising prospects because of the people's need for food and beverages. Satisfaction is a person's feelings of pleasure or disappointment that arise after comparing the received perceptions of performance or results. Providing good service to consumers will create customer satisfaction. Of the 5 service quality indicators, the most basic is responsive. Responsiveness is how the service provided by the waiter to consumers. The method of collecting data and information was carried out by means of field research and library research. Based on the method of determining the sample, it is determined that the sample used is 99 respondents. The hypothesis test used is the t test. and the analytical tool used is simple linear regression analysis as well as the coefficient of determination and correlation. Sari Indah restaurant only stands as a single business that does not have branches, this restaurant was established in 1997 which is located at km.78 Jl. Lintas Timur Jambi-Pekanbaru. Has facilities that support the convenience of consumers and a large parking area. Based on the results of the study, it is known that there is a significant positive effect of responsiveness on consumer satisfaction at Sari Indah restaurant. the result of simple linear regression analysis is Y=0.663+0.872x+e where the value of the variable regression coefficient is 0.872. The correlation coefficient value is 0.803, which means that there is a strong relationship between the responsive variable (x) and consumer satisfaction (y). coefficient of determination of 0.645 which states that responsive (x) is able to explain the variable of consumer 9 satisfaction (y) of 64.5% and the remaining 35.5% is explained by other factors. The results of the hypothesis test (t test ) obtained tcount 2,925> 1.9847 (t table ) so Ho is rejected and Hi is accepted. This there is a significant influence between responsiveness and consumer satisfaction at Sari Indah restaurant. From the results of this study, it was found that the responsiveness of employees at the Sari Indah restaurant has a very good category, in the sense that consumers are satisfied with all forms of responsiveness in serving consumers provided by employees.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 02:50 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 02:50 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1506 |
Actions (login required)
View Item |