Rahmi Hafizhah, Rahmi Hafizhah (2022) PENGGUNAAN APLIKASI WHATTSHAP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA N 4 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas batanghri.
Text
RAHMI HAFIZHAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Hafizhah, Rahmi. 2022. Skripsi. Penggunaan aplikasi Whatsapp dalam pembelajaran sejarah di Kelas X SMA Negeri 4 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari. Pembimbing I: Drs. Arif Rahim, M.Hum Pembimbing II: Satriyo Pamungkas, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : pembelajaran daring, whatsapp, hasil belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi guru dalam proses pembelajaran yang menggunakan Aplikasi WhatsApp terhadap Aktivitas Pembelajaran siswa kelas X pada materi Sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif untuk mengetahui kualitas pembelajaran dengan menggunakan aplikasi whatshap dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai penggunaan aplikasi whatshapp dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Berdasarkan data hasil angket siswa sebanyak 36 orang yang terdiri dari tiga indikator yang masing-masing memperoleh persentase sebesar 75,10% tergolong “Cukup Efektif” pada indikator kualitas pembelajaran. Sementara pada indikator lainnya yakni indikator kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan persentase 72,44% dalam kategori “Cukup Efektif”. Selanjutnya yang terakhir pada indikator waktu siswa dengan persentase 71,11% tergolong dalam kategori “Cukup Efektif”. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi whatsapp dalam pembelajaran sejarah di SMA N 4 Kota Jambi menujukkan persentase rata-rata indikator 72,83% tergolong “Cukup Efektif”.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 03:09 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 03:09 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1510 |
Actions (login required)
View Item |