KIKI, KIKI (2022) NALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENGGUNAKAN TAHAPAN KASTOLAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 TUNGKAL ULU. skripsi thesis, Universitas Batanghari.
Text
SKIRIPSI_KIKI (1800884202013)_FKIP MATEMATIKA..pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kiki. 2022. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Menggunakan Tahapan Kastolan Di Kelas VIII SMP Negeri 8 Tungkal Ulu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Batanghari Jambi, Pembimbing (I) Ayu Yarmayani, M.Pd. (II) Relawati, M.Pd. Kata kunci : Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Tahapan Kastolan. Soal cerita merupakan bentuk aplikasi dari konsep-konsep penting dalam matematika. Analisis kesalahan merupakan suatu proses mereview jawaban siswa gunanya untuk mengidentifikasi pola-pola ketidakmengertian. Tahapan kastolan merupakan prosedur untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang terdiri dari tiga tahapan yaitu kesalahan konsseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknikal.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa di kelas VIII SMP Negeri 8 Tungkal Ulu dalam menyelesaikan soal cerita menggunakan Tahapan Kastolan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tungkal Ulu. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu tes dan wawancara, dimana tes terdiri dari soal cerita materi lingkaran berupa uraian menggunakan tahapan kastolan, setelah itu, dipilih dua orang dari skor tertinggi dan dua orang dari skor terrendah sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal adalah : Kesalahan Konseptual terjadi pada penelitian ini antara lain adalah subjek tidak mengerti rumus apa yang digunakan untuk menjawab soal yang diberikan dan subjek tersebut tidak dapat menggunakan rumus tersebut dengan benar, Kesalahan Prosedural terjadi pada penelitian ini anatara lain subjek dalam menjawab soal yang diberikan subjek tidak mengerti apa yang ditanyakan di dalam soal, subjek tidak mnenyelesaikan soal yang diberikan secara sistematis dengan langkah-langkah yag sudah dijelaskan, Kesalahan teknik terjadi pada penelitian ini anatara lain subjek dalam menyelesaikan soal yaitu subjek keliru dalam menyelesaikan soal dan kurang teliti dalam menghitung operasi yang diketahui.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 03:07 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 03:07 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1561 |
Actions (login required)
View Item |