RASIDIN SAGALA, RASIDIN SAGALA (2022) PELAKSANAAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI PENGADILAN NEGERI JAMBI DAN PERMASALAHANNYA. skripsi thesis, Universitas Batanghari.
Text
SKRIPSI RASIDIN SAGALA NIM.1800874201154.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Pemerintah daerah sebagai penyelenggara urusan pemerintahan di daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluasluasnya, diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat. Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Pengadilan Negeri Jambi dimulai pada tahun 2018. Dalam penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Pegadilan Negeri Jambi tidak semuanya bisa berjalan dengan lancar, ada beberapa masalah yang dihadapi seperti sarana dan prasarana yang masih kurang. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu di Pengadilan Negeri Jambi dan apa saja permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu di Pengadilan Negeri Jambi dan upaya penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris atau disebut dengan penelitian lapangan yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataannya dalam masyarakat. Pelaksanaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Pengadilan Negeri Jambi dalam menujang transparansi informasi sudah berjalan sebagaimana mestinya yaitu memberikan pelayanan yang cukup baik kepada para pencari keadilan sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa PTSP merupakan ujung tombak dari sebuah pelayanan disetiap instansi. Meskipun asas kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan sudah berjalan sebagaimana mestinya, namun tetap harus dikembangkan terutama aspek kecepatan dan kemudahan layanan, karena tidak semua pencari keadilan memiliki pemahaman yang sama. Semangat dan kekompakan petugas pelayanan harus tetap dipertahankan dan dikembangkan, dan juga ketenangan petugas PTSP sangat dibutuhkan dalam memberikan pelayanan agar masyarakat merasa puas, nyaman dan cepat terlayani. Dalam pelaksanaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Pegadilan Negeri Jambi terdapat beberapa masalah seperti tidak ada pendaftaran Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Pengadilan Negeri Jambi secara online. Mengakibatkan masyarakat yang jauh dari kantor Pengadilan Negeri Jambi harus datang ke kantor Pengadilan Negeri Jambi dengan memakan waktu yang lumanyan lama dan megeluarkan biaya. Selanjutnya yang menjadi masalah adalah kualitas sumber daya manusia yang masih kurang, dan Sarana dan Prasarana di Pengadilan Negeri Jambi yang belum memadai. Solusi yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Jambi untuk mengatasi permasalahan dalam pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu yaitu dengan membuat sebuah inovasi yaitu aplikasi E-Court, melaksanakan diklat atau pembinaan untuk meningkatnya kualitas sumber daya manusia, dan menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan, mengelola dan memelihara sarana dan prasarana dengan baik. Kata Kunci: Pelaksanaan PTSP, Pengadilan Negeri Jambi
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 02:02 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 02:02 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2180 |
Actions (login required)
View Item |