ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONEKSI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 BATANGHARI

AMINAH CENDRA KASIH, 1900884202012 (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONEKSI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 BATANGHARI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.

[img] Text (ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONEKSI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 BATANGHARI)
Aminah Cendra Kasih (1900884202012).pdf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Kasih, Aminah Cendra. 2023. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Koneksi Matematika pada Kelas VIII SMP Negeri 9 Batanghari : Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Batanghari Jambi, Pembimbing (I) Dr. Silvia Fitriani, M.Pd (II) Sri Dewi, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar yang dialami siswa karena belum mampu dalam mengaitkan materi matematika yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah koneksi matematika pada kelas VIII SMP negeri 9 Batanghari. Adapun indikator yang digunakan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa adalah indikator kesulitan belajar menurut Cooney yaitu: (1) kesulitan dalam menggunakan konsep, (2) kesulitan dalam menggunakan prinsip, dan (3) kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII D yang terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik berdasarkan kemampuan koneksi matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan peserta didik dalam menjawab soal koneksi matematikanya yaitu siswa kurang memahami konsep matematika yang telah dipelajari, tidak mengaitkan konsep matematika yang akan dipelajari dengan konsep yang telah diketahui sebelumnya, cepat melupakan konsep matematika yang kurang dipahami atau yang jarang diulang- ulang/dipergunakan kembali, kesulitan menerapkan prinsip yang sudah didapatkan lalu sulit menerapkannya, dan juga peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang verbal atau berbentuk soal cerita. Kata Kunci : Kesulitan Belajar Siswa; Kemampuan Koneksi Matematika

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Siswa; Kemampuan Koneksi Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mita perpus unbari
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:01
Last Modified: 03 Mar 2023 06:54
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2203

Actions (login required)

View Item View Item