INDAH MULYATI, 1800874201423 (2023) TANGGUNG JAWAB JASA PENGIRIMAN ATAS KLAIM PENGIRIMAN BARANG KONSUMEN PADA PT. J&T CABANG SENGETI KABUPATEN MUARO JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.
Text (TANGGUNG JAWAB JASA PENGIRIMAN ATAS KLAIM PENGIRIMAN BARANG KONSUMEN PADA PT. J&T CABANG SENGETI KABUPATEN MUARO JAMBI)
INDAH MULYATI.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK J&T Express merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 20 Agustus 2015. Perusahaan ini umumnya bergerak di bidang ekspedisi. Pada dasarnya keberadaan PT. J&T merupakan bagian pembangunan nasional, yaitu mempercepat pembangunan melalui pembangunan jaringan komunikasi antar daerah. Oleh karena itu penyelenggaraan pengiriman paket dijalankan oleh PT. J&T demi kepentingan umum dan bertujuan menunjang pembangunan nasional khususnya di Kota maupun kabupaten, termasuk di Sengeti Kabupaten Muaro Jambi. Masalah yang diangkat adalah Apakah Yang Menjadi Permasasalahan antara PT. J&T Cabang Sengeti dengan konsumen di Kabupaten Muaro Jambi. Bagaimanakah tanggung jawab jasa pengiriman atas klaim pengiriman barang konsumen pada PT. J&T Cabang Sengeti Kabupaten Muaro Jambi. Tipe penelitian ini lebih bersifat Yuridis Empiris. Pendekatan penelitian ini lebih bersifat Socio-Legal Research. Tehnik penarikan sampel yang dipergunakan adalah secara purposive sampling. Terdapat permasalahan klaim atas pengiriman barang konsumen pada PT. J&T Cabang Sengeti itu sendiri seperti permasalahan klaim kerusakan barang yang justru bukan diakibatkan pihak kurir PT. J&T, keterlambatan yang bukan disengaja PT. J&T. Pihak PT. J&T Cabang Sengeti telah melakukan tanggungjawabnya dengan baik hal ini dilihat dari di kembalikan uang konsumen apabila paket hilang, lalu digantikanya kerusakan isi paket rusak dengan barang yang baru sesuai isi dari Nota, kwitansi, faktur produk dan memberi jaminan uang kembali apabila dalam waktu 7 hari paket dipastikan tiba di tangan konsumen Saran yang dikemukakan hendaknya pengguna jasa atau konsumen jika mengalami keterlambatan dan kerusakan yang diakibatkan kesalahan pihak PT. J&T. cabang dan pihak kantor PT. J&T. cabang tidak bertangungjawab dengan permasalahan tersebut, segera melaporkan kepada kantor PT. J&T. pusat guna untuk mendapatkan kepastian dan hak sebagai konsumen. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Jasa Pengiriman, Klaim, Pengiriman Barang, Konsumen, PT. J&T
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab, Jasa Pengiriman, Klaim, Pengiriman Barang, Konsumen, PT. J&T |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | mita perpus unbari |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 06:01 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 06:01 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2225 |
Actions (login required)
View Item |