PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

Tia Rosa Aldilah, 1900887203010 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI)
Skripsi Tia Rosa Aldilah.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Aldilah, Tia Rosa. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Pembimbing Skripsi 1: Pratiwi Indah Sari, S.Pd, MM, M.Pd.E, Pembimbing Skripsi 2: Lili Andriani, S.Pd, MM. Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian yang berjumlah 152 siswa dengan menggunakan proporsional random sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuisioner atau angket. Teknik analisis data adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh signifikan dan positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 11 Kota Jambi dengan besar nilai b constan 49,271 dan nilai x sebesar 1,048. Adapun persmaan regresi sederhana yang didapat yakni Y=a+bx dengan Y=49,271+1,048x dengan nilai t_hitung sama dengan 11,654. Dimana Problem Based Learning naik 1,048% maka kemampuan berpikir kritis naik 1% sebaliknya Problem Based Learning turun 1,048% maka kemampuan berpikir kritis turun 1%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: mita perpus unbari
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:54
Last Modified: 04 Apr 2023 03:54
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2397

Actions (login required)

View Item View Item