M. NAUFAL IBNU GHAZY P., 1900874201134 (2023) TINDAK PIDANA PEMALSUAN MENGGUNAKAN GELAR TANPA HAK GELAR AKADEMIK DAN GELAR PROFESI (STUDI PUTUSAN NOMOR 265/PID.SUS/2022/PN JMB). skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.
Text (TINDAK PIDANA PEMALSUAN MENGGUNAKAN GELAR TANPA HAK GELAR AKADEMIK DAN GELAR PROFESI (STUDI PUTUSAN NOMOR 265/PID.SUS/2022/PN JMB))
Naufal (skripsi) - Jilid - perbaikan (1).pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Upaya dalam menanggulangi tindak pidana menggunakan gelar akademik, gelar vokasi dan gelar profesi yang semakin kompleks diperlukan perhatian yang serius karena tindak pidan ini telah melanggar norma hukum. Jenis penelitian adalah yuridis normatif sehingga pendekatan kasus. Spesifikasi penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data yaitu studi documenter dengan analisis data yaitu analisis kualitatif. hasil dari penelitian ini yaitu pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara Nomor 265/Pid.Sus/2022/PN Jmb tentang tindak pidana pemalsuan menggunakan gelar tanpa hak gelar akademik dan gelar profesi adalah telah terpenuhi pertimbangan hakim baik pertimbangan yuridis maupun pertimbangan non yuridis dan Putusan hakim Nomor 265/Pid.Sus/2022/PN Jmb belum memenuhi rasa keadilan karena penjatuhan sanksi pidana terhadap terdakwa masih ringan apabila dibandingkan dengan isi dalam Pasal 93 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi dan nominal kerugian yang di derita oleh korban. Kata Kunci : Tindak Pidana, Pemalsuan Gelar Akademik dan Profesi
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tindak Pidana, Pemalsuan Gelar Akademik dan Profesi |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | mita perpus unbari |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 04:31 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 04:31 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2403 |
Actions (login required)
View Item |