PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI

Rts Miftahul Jannah, 1900887203021 (2023) PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.

[img] Text (PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI)
SKRIPSI RTS MIFTAHUL JANNAH.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Jannah, Rts Miftahul. 2023. Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari. Kata Kunci : Displin, Motivasi, dan Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 2 Muaro Jambi, 2. Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 2 Muaro Jambi, 3. Untuk mengetahui pengaruh disiplin dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jumlah populasi penelitian ini sebanyak 123 siswa dan jumlah sampel sebanyak 95 siswa. Dengan taraf signifikan 5%. Pemilihan sampel ini menggunakan Teknik Propotional Random Sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan metode angket atau kuesioner dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil menunjukkan bahwa: nilai signifikan adalah 0,049 < 0,05 dan juga terlihat nilai t hitung 1,995 lebih besar dari nilai t tabel 1,986. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya disiplin belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 2 Muaro Jambi. nilai sig adalah 0,029 < 0,05 dan juga terlihat nilai t hitung 2,217 lebih besar dari nilai t tabel1,986. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. maka dapat disimpulkan bahwa dari uji koefisien determinasi yaitu terlihat dari tabel R Square 0,708 yang artinya hasil belajar dipengaruhi oleh disiplin belajar dan motivasi belajar sebesar 0,708 atau 70,8% sedangkan sisanya 29,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan tabel 4.13 di atas diketahui bahwa nilai sig adalah 0,024 < 0,05 dan juga terlihat nilai F hitung 3,906 lebih besar dari nilai F tabel 3,09. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya disiplin belajar dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Displin, Motivasi, dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: mita perpus unbari
Date Deposited: 04 Apr 2023 05:12
Last Modified: 04 Apr 2023 05:12
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item