PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI T.A 2022/2023

Nurul Ulfa, 1900887201004 (2023) PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI T.A 2022/2023. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text (PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI T.A 2022/2023)
SOFT COPY SKRIPSI NURUL ULFA, FKIP PENDIDIKAN SEJARAH.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ulfa, Nurul, 2023. Skripsi, Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Penilaian Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi TA. 2022/2023.Pembimbing I Ulul Azmi, S.Pd,M.Hum., Pembimbing II Siti Heidy Karmela ,S.Si., MA. Tujuan penelitian dari penelitian ini yakni “Untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai aplikasi quiziz dalam proses penilaian hasil belajar siswa kelas X di SMAN 8 Kota Jambi TA. 2022/2023”. Metode penelitian yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.1 SMA Negeri 8 Kota Jambi setelah mengikuti pembelajaran sejarah dan selanjutnya diberikan soal latihan melalui aplikasi quizizz yang berjumlah 36 orang siswa. Sampel adalah sebagian dari populasi yang diambil sebagai sumber data dan dapat mewakili seluruh populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian yang akan dilakukan ini sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan oleh peneliti dalam penelitian yang akan dilakukan ini yaitu angket respon siswa dan soal latihan dalam bentuk aplikasi quizizz. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai penggunaan aplikasi quiziz dalam penilaian pembelajaran sejarah di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Berdasarkan data hasil angket siswa sebanyak 36 orang yang terdiri dari empat indikator yang masing-masing memperoleh persentase sebesar 91,3% tergolong “Sangat Suka” pada indikator tampilan media. Sementara pada indikator bahasa yang digunakan pada quiziz dalam penilaian pembelajaran sejarah dengan persentase 86,67% dalam kategori “Suka Suka”. Selanjutnya yang terakhir pada indikator warna dengan persentase 85,83% tergolong dalam kategori “Suka Suka”. Terakhir pada indikator soal mendapatkan persentase 92,31% dengan kategori “Sangat Suka”. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi quiziz dalam penilaian pembelajaran sejarah di SMA N 8 Kota Jambi menujukkan persentase rata-rata indikator 89,02% tergolong “Sangat Efektif”. Kata Kunci: Quizizz, Media Penilaian

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quizizz, Media Penilaian
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: mita perpus unbari
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:04
Last Modified: 21 Jun 2023 03:04
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2581

Actions (login required)

View Item View Item