PENGARUH MEDIA LEMPAR DADU TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH MATERI KONFLIK AMERIKA LATIN KELAS XII IPS DI SMAN 11 KOTA JAMBI

ALDA FAJRIA ANANDA, 1900887201017 (2023) PENGARUH MEDIA LEMPAR DADU TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH MATERI KONFLIK AMERIKA LATIN KELAS XII IPS DI SMAN 11 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text (PENGARUH MEDIA LEMPAR DADU TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH MATERI KONFLIK AMERIKA LATIN KELAS XII IPS DI SMAN 11 KOTA JAMBI)
ALDA FAJRIA ANANDA 1900887201017.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kata Kunci : Media, Lempar Dadu, Minat Belajar, Hasil Belajar, Sejarah Penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis deskritif kuantitatif dan analisis korelasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh media pembelajaran lempar dadu terhadap mata pelajaran sejarah di SMAN 11 Kota Jambi. Berdasarkan hasil data nilai rxy maka hasil dari penulis memberikan interpretasi dengan cara sederhana atau secara kasar terhadap rxy. Angka korelasi antara variabel X dan Y tidak bertanda negative, berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif antara variabel X dan Y termasuk variabel yang hubungannya kuat. Kemudian dilakukan uji hipotesis untuk mengetahui terdapat pengaruh signifikan atau tidak antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dapat diketahui dengan menguji t signifikan dengan kriteria pengujian: Jika thit > tabel = H1 diterima Jika thit < = HO ditolak Berdasarkan perhitungan perhitungan pengujian signifikan dapat diketahui nilai t hitung ternyata lebih besar jika dibandingkan dengan nilai t tabel pada taraf 5% yaitu sebesar 2,036933. Nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t tabel maka hipotesa anternatif (H1) diterima dan dinilai nihil (H0) ditolak. Berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dan Y maka nilai hipotesa alternatifnya diterima.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Lempar Dadu, Minat Belajar, Hasil Belajar, Sejarah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 28 Nov 2023 05:46
Last Modified: 28 Nov 2023 05:46
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item View Item