WULANDARI, 1900887201005 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA E – BOOK BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI PERLAWANAN MELAWAN KOLONIALISME DAN IMPERALISME KELAS XI SMAN 9 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.
Text (PENGEMBANGAN MEDIA E – BOOK BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI PERLAWANAN MELAWAN KOLONIALISME DAN IMPERALISME KELAS XI SMAN 9 KOTA JAMBI)
WULANDARI 1900887201005.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian dan pengembangan ini berangkat dari permasalahan yang terjadi di SMAN 9 kota jambi dimana pembelajaran yang dilakukan monoton dan kurang bervariasi sehingga siswa cepat bosan. Media pembelajaran dapat menjadi alternatif dalam pemecahan masalah yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yaitu mind mapping dan menerapkan pada pelajaran sejarah kelas XI di SMAN 9 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang dikembangkan. Model ADDIE terdapat beberapa tahapan antaranya : analyze (analisis), Design (perancang), devolempent (pengembangan), implementation (impementasi), evaluaste (evaluasi). Penelitian dilakukan di SMAN 9 Kota Jambi. Hasil penelitian pengembangan media e book berbasis mind mapping persentase media 90,3% yang tergolong valid. Pada penelitian tim ahli media dan ahli materi. Pada ahli media pencapaian nilai skor 77,5 yang tergolong valid. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan media. Media tergolong sangat valid berdasarkan hasil pencapaian skor pada kualitas media dan pencapaian skor dari tim ahli.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penelitian dan pengembangan media |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 02:41 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 02:41 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2955 |
Actions (login required)
View Item |