DESMARITA, DESMARITA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 6 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Batanghari.
Text
Desmarita 1400888201013.pdf Download (3MB) |
Abstract
Desmarita. 2018. Skripsi. Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Pantun pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017-2018. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII D SMP Negeri 6 Kota Jambi. Pembelajaran menulis pantun merupakan salah satu pembelajaran apresiasi sastra. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Dalam penelitian ini digunakan 1 kelas dengan dua tahap pretes dan posttes. Uji persyaratan yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas yang didapat adalah 0,471 dan 0,921 lebih besar dari taraf signifikan α= 0,05. Artinya data dalam penelitian ini adalah normal dan homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis. Pengunjian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung = 6,638 lebih besar dari nilai ttabel = 2,036. Pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk sebesar 32. Dengan demikian dapat disimpulkan pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII D SMP Negeri 6 Kota Jambi. Nilai rata-rata tahap posttes 85.14 lebih besar dari nilai rata-rata pretes 75.66. Kata kunci: metode inkuiri, menulis, pantun
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 04:14 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 04:14 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/300 |
Actions (login required)
View Item |