ANALISA TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS PADA SIMPANG EMPAT SIJENJANG DENGAN METODE TRAFFIC CONFLICT TECHNIQUE (TCT)

PERMADI TANJUNG, 1600822201014 (2023) ANALISA TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS PADA SIMPANG EMPAT SIJENJANG DENGAN METODE TRAFFIC CONFLICT TECHNIQUE (TCT). skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text (ANALISA TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS PADA SIMPANG EMPAT SIJENJANG DENGAN METODE TRAFFIC CONFLICT TECHNIQUE (TCT))
Permadi Tanjung 1600822201014.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Selama ini antisipasi pencegahan kecelakaan dilakukan dengan melihat data kecelakan yang telah terjadi. Sedangkan suatu kejadian yang hampir menyebabkan terjadinya kecelakaan tidak luput dari pengamatan dan dianggap biasa. Masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat yang berlalu lintas para pengguna jalan membuat angka kecelakaan lalu lintas masih tinggi. Penelitian ini dilaksanakan di Simpang empat sijenjang Kota Jambi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi konflik lalu lintas yang terjadi dan mencari solusi alternatif yang ada dengan metode Traffic Conflict Technique (TCT) pada lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan metode Traffic Conflict Technique (TCT) yaitu suatu metode untuk mengobservasi dimana dengan mengidentifikasi kecelakaan yang hampir terjadi. Metode ini juga merupakan sebuah metode yang digunakan dengan meningkatkan keselamatan di dalam lalu lintas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konflik yang terjadi didapat 280 kasus konflik. Setelah dilakukan penelitian dengan metode TCT didapat bahwa jenis potensi kecelakaan adalah Serious Conflict, yaitu pada waktu tersingkat Time To Accident (TA) 0,10 dan waktu terpanjangnya adalah 0,96 Time To Accident. Konflik terbanyak terjadi dikecepatan 15 km/jam pada jarak konflik 2 meter, Terdapat 44 konflik dengan kecepatan 30km/jam dan jarak 3 meter. Tipe kendaraan yang paling banyak terlibat dalam konflik adalah sepeda motor, sebanyak 155 kejadian dari 280 konflik. Sedangkan jenis konflik yang paling sering terjadi adalah percepatan laju kendaraan dan solusi alternative yang dapat diberikan pada lokasi simpang Sijenjang yaitu, Memberikan rambu kecepatan berkendara agar pengendara dapat mengurangi kecepatannya, memberikan sosialisasi pada masyarakat supaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan, Berkodinasi kepada pihak berwajib suntuk memberikan sanksi kepada pengendara yang melanggar lampu lalu lintas agar memberi efek jera kepada pengendara yang melanggar. Kata Kunci : Kecelakaan, Keselamatan, persimpangan, transportasi, Traffic Conflict Technique (TCT).

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Keselamatan, persimpangan, transportasi, Traffic Conflict Technique (TCT).
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:49
Last Modified: 09 Jan 2024 07:49
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3009

Actions (login required)

View Item View Item