ANALISIS JENIS-JENIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MEMBACA CERITA FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018

Dea Romesi, Dea Romesi (2018) ANALISIS JENIS-JENIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MEMBACA CERITA FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
dea Romesi 1400888201025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Romesi, Dea. 2018. Skripsi. Analisis Jenis-jenis Tindak Tutur Ilokusi Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran Membaca Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur ilokusi guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran membaca cerita fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Jambi Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, rekam dan teknik catat. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis pragmatik. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh 4 jenis tindak tutur ilokusi guru bahasa Indonesia, yakni (1) tindak tutur direktif, (2) jenis tindak tutur deklarasi, (3) jenis tindak tutur asertif, (4) jenis tindak tutur ekspresif. Fungsi tindak tutur ilokusi guru bahasa Indonesia sangat penting untuk siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, direkomendasikan bagi guru untuk meningkatkan tindak tutur ekspresif yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa dan mengurangi penggunaan tindak tutur direktif yang berlebihan sehingga dapat membuat siwa bosan dan jenuh.

Item Type: Thesis (skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 21 Sep 2021 05:09
Last Modified: 21 Sep 2021 05:09
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item