PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XII IPS DI SMAN 11 KABUPATEN TEBO

Risma Indriana, 2000887203014 (2024) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XII IPS DI SMAN 11 KABUPATEN TEBO. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XII IPS DI SMAN 11 KABUPATEN TEBO)
RISMA INDRIANA 2000887203014.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Sekolah, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan hasil belajar siswa. 2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa. 3) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa. 4) Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMAN 11 Kabupaten Tebo. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitarif dengan desain penelitian analisis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Dimana populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa dengan sampel 60 siswa. Adapun tekni uji instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Sementara uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan uji analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan keluarga (X1) termasuk kedalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata TCR 73,19% dan lingkungan sekolah (X2) dengan nilai rata rata TCR 79,83% termasuk kategori cukup baik. Diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan nilai kurang dari 75 sebanyak 38 siswa sedangkan yang memperoleh nilai diatas 75 sebanyak 22 siswa. Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari thitung > ttabel, yaitu sebesar 2,372 > 1,67065 dengan signifikan 0,021. Terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari thitung > ttabel, yaitu 2,657 > 1,67065 dengan nilai signifikan 0,010. Terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar yang ditunjukkan melalui fhitung > ftabel, yaitu sebesar 3,691 > 2,77.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Sekolah, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 29 May 2024 03:18
Last Modified: 29 May 2024 03:18
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3237

Actions (login required)

View Item View Item