MOHD. PUJA RIZKI, 2100861201156 (2025) PENGARUH DISIPLIN,PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KERINCI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.
![]() |
Text
01. COVER.pdf - Published Version Download (47kB) |
![]() |
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (151kB) |
![]() |
Text
06. BAB I.pdf - Published Version Download (269kB) |
![]() |
Text
10. BAB V.pdf - Published Version Download (827kB) |
![]() |
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (36kB) |
![]() |
Text (PENGARUH DISIPLIN,PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KERINCI)
MOHD. PUJA RIZKI 2100861201156.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja, pendidikan, dan pelatihan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pertanahan Kabupaten Kerinci. Pentingnya manajemen sumber daya manusia terletak pada upaya memastikan produktivitas dan komitmen pegawai secara optimal. Mengingat jumlah pegawai yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir, peningkatan kinerja menjadi sangat krusial. Namun, masalah seperti ketidakhadiran, perbedaan tingkat pendidikan, dan ketidakseragaman dalam partisipasi program pelatihan menunjukkan adanya aspek yang perlu diperbaiki. Penelitian ini menyelidiki apakah faktor- faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai secara keseluruhan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat utama pengumpulan data. Populasi penelitian terdiri dari 48 pegawai Kantor Pertanahan, dan karena jumlahnya relatif kecil, seluruh populasi dijadikan sampel melalui total sampling. Data dianalisis dengan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas—disiplin kerja, pendidikan, dan pelatihan—baik secara simultan maupun parsial terhadap variabel terikat, yaitu kinerja pegawai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja, pendidikan, dan pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, baik secara parsial maupun simultan. Pegawai yang mematuhi aturan organisasi, memiliki kualifikasi pendidikan yang lebih tinggi, serta mengikuti program pelatihan yang relevan menunjukkan hasil kinerja yang lebih baik. Lebih lanjut, penelitian ini membuktikan adanya korelasi positif antara peningkatan partisipasi dalam pengembangan profesional dengan perbaikan pelaksanaan tugas, yang tercermin pada kualitas pelayanan dan tingkat penyelesaian program. Penelitian ini menegaskan bahwa disiplin kerja yang efektif, latar belakang pendidikan yang sesuai, serta pelatihan yang berkesinambungan merupakan faktor kunci pendorong kinerja pegawai yang tinggi. Hasil ini menyarankan agar manajemen memprioritaskan peningkatan aspek-aspek tersebut guna mempertahankan dan meningkatkan produktivitas. Secara khusus, mengatasi masalah ketidakhadiran serta berinvestasi pada program pengembangan pegawai dapat memberikan manfaat nyata bagi lembaga pelayanan publik. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi strategi manajemen sumber daya manusia di sektor publik. Penelitian ini menekankan pentingnya sistem evaluasi kinerja yang terstruktur, peluang pembelajaran berkelanjutan, serta pembinaan lingkungan kerja yang disiplin. Dengan memperhatikan komponen-komponen tersebut, institusi seperti Kantor Pertanahan Kabupaten Kerinci dapat meningkatkan kualitas layanan dan mencapai tujuan organisasi secara lebih efektif.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Kerja, Pendidikan, Pelatihan, Kinerja Pegawai, Kantor Pertanahan, Manajemen Sumber Daya Manusia |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 04:19 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 04:19 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/4059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |