PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA KAHOOT! TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 04 TEBO

Dr. Zulyadaini, M.Pd, - (0001) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA KAHOOT! TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 04 TEBO. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA KAHOOT! TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 04 TEBO, 8 (2). pp. 1-0.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA KAHOOT! TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 04 TEBO)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION (AIR).pdf - Published Version

Download (403kB)
Official URL: https://phi.unbari.ac.id/index.php/phi/article/vie...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Tebo. Salah satu penyebabnya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang interaktif dan masih didominasi oleh metode pembelajaran konvensional, yang membuat siswa kurang aktif dan cenderung pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intelectually, and Repetition (AIR) berbantuan media Kahoot! terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Tebo. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 04 Tebo tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling sehingga terpilih dua kelas sampel dimana kelas VII.2 sebagai kelas ekperimen yang mengunakan model pembelajaran Auditory, Intelectually, and Repetition (AIR) berbantuan media Kahoot!, dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen meningkat dari 36,09 pada pretest menjadi 72,61 pada posttest. Sedangkan kelas kontrol meningkat dari 37,58 pada pretest menjadi 64,69 pada posttest. Uji selisih dua rata-rata menggunakan uji-t menunjukkan bahwa dan pada taraf nyata 0,05. Karena lebih besar dari pada , maka diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory, Intelectually, and Repetition (AIR) berbantuan media Kahoot! terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Tebo dengan besar pengaruh sebesar 0,633 dan tergolong kedalam kategori sedang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Auditory, Intelectually, and Repetition, Media Kahoot!, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:15
Last Modified: 15 Oct 2025 07:15
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item View Item