PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMAN 2 KOTA JAMBI

Dr. Zulyadaini, M.Pd, - PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMAN 2 KOTA JAMBI. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMAN 2 KOTA JAMBI, 8 (2). pp. 1-5.

[img] Text (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMAN 2 KOTA JAMBI)
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMAN 2 KOTA JAMBI.pdf - Published Version

Download (649kB)
Official URL: https://phi.unbari.ac.id/index.php/phi/article/vie...

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi siswa dengan guru dalam proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan keahlian dan kebiasaan, serta pembentukan perilaku dan kepercayaan pada siswa pada suatu lingkungan. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran e-learning. Media pembelajaran e-learning yang sering digunakan yaitu edmodo dan google clasroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-learning menggunakan media pembelajaran edmodo dan media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok trigonometri. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam peelitian ini adalah siswa kelas X ipa SMAN 2 Kota Jambi yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dengan mengambil 2 kelas sampel sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic uji-t pada taraf 5% (α = 0,05). Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, karena nilai lebih besar dari yaitu 1,73 dan 1,67 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa pada materi trigonometri dengan menggunakan media pembelajaran edmodo yaitu lebih baik dari menggunakan media pembelajaran google classroom.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Edmodo; Google Clasroom; Media Pembelajaran E-Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:20
Last Modified: 15 Oct 2025 07:20
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/4095

Actions (login required)

View Item View Item