ALAUDDIN DAENG TABBAH, 2000822201006 (2025) ANALISA KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL LALU LINTAS STUDI KASUS SIMPANG BANK INDONESIA PROVINSI JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.
|
Text
01. COVER.pdf - Published Version Download (140kB) |
|
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (274kB) |
|
|
Text
06. BAB I.pdf - Published Version Download (261kB) |
|
|
Text
10. BAB V.pdf - Published Version Download (202kB) |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (157kB) |
|
|
Text (ANALISA KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL LALU LINTAS STUDI KASUS SIMPANG BANK INDONESIA PROVINSI JAMBI)
ALAUDDIN DAENG TABBAH 2000822201006.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Lampu lalu lintas pada persimpangan diharapkan dapat mengendalikan kemacetan dan kepadatan kendaraan yang menunggu. Namun pada kenyataannya fungsi lampu lalu lintas masih kurang efektif dikarenakan kapasitas dari kegunaannya hanya berdasarkan waktu yang sudah ditetapkan tanpa melihat situasi dan kondisi di hari-hari yang berbeda. Metode webster yang dikembangkan oleh F.V.Webster dan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) menjadi alternatif dari pengaturan lalu lintas dan waktu tunggu bagi kendaraan dipersimpangan. Simpang Bank Indonesia Provinsi Jambi ini merupakan jalan penghubung antar daerah, diantaranya daerah perkantoran, pertokoan, sekolah, rumah sakit, kampus, pemukiman, dan berbagai tempat tujuan lainnya Simpang ini sering mengalami masalah kemacetan lalu lintas terutama pada jam sibuk pagi dan jam sibuk sore. Masalah tersebut bisa dilihat dari panjangnya antrian kendaraan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis kinerja lalu lintas pada simpang bank Indonesia provinsi jambi dari perbandingan hasil dengan memakai metode pedoman kapasitas jalan indonesia (PKJI 2023) dan metode webster. 2) Menmampukan tingkat pelayanan kondisi eksisting di simpang bank Indonesia provinsi jambi. Metode penelitian membandinkan metode PKJI 2023 dan metode webster mencari Data yang dipakai dalam penelitian ini ialah data volume lalu lintas yang diambil pada jam sibuk puncak pagi dan sore selama 2 jam sibuk puncak ialah, pukul 07.00 – 09.00 WIB dan pukul 16.00 – 18.00 WIB, dengan lama pengamatan dikerjakan per 15 menit, selama 2 hari, serta survei geometrik jalan dan survei sinyal lampu lalu lintas. Dari hasil perbandingan mampu disimpulkan bahwa metode PKJI 2023 lebih sesuai untuk diterapkan di simpang yang memiliki banyak gangguan samping dan karakteristik lokal Indonesia. Sedangkan metode Webster lebih cocok untuk kondisi teratur dan terkontrol seperti di negara maju. Namun, metode Webster tetap berguna sebagai acuan awal perencanaan, dan mampu dikombinasikan dengan metode lokal (PKJI 2023) untuk hasil evaluasi lebih optimal.
| Item Type: | Thesis (skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Analisa Kinerja Simpan Empat Bersinyal Lalu Lintas Studi Kasus Simpang Bank Indonesia Provinsi Jambi |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
| Depositing User: | Mr Admin Repo |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 02:49 |
| Last Modified: | 20 Dec 2025 02:49 |
| URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/4429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
