PERBANDINGAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BIDANG STUDI EKONOMI DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

LISMAIDA PANGGABEAN, LISMAIDA PANGGABEAN (2019) PERBANDINGAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BIDANG STUDI EKONOMI DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Lasmida Panggebaean 1500887203004 PE.pdf

Download (552kB)

Abstract

ABSTRAK Panggabean, Lismaida. 2019. Skripsi. Perbandingan Metode Diskusi Kelompok dan Ceramah Terhadap Hasil Pembelajaran di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari. Pembimbing I: Dra. Resi Adelina Manullang, M.H. Pembimbing II: Lili Andriani, S.Pd ,M.M. Kata Kunci : Metode Diskusi Kelompok, Metode Ceramah, Hasil Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah ada perbedaan rata – rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi kelompok, (2) Apakah ada perbedaan rata – rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah, dan (3) Apakah ada perbandingan hasil belajar ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi kelompok dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 180 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, sehingga terpilih 39 orang siswa kelas XI IPS 7 sebagai kelas eksperimen dan 40 orang siswa kelas XI IPS 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menyebarkan soal kepada responden penelitian serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Uji t dengan menggunakan program SPSS for Windows Version 22. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi yang diajar menggunakan metode diskusi kelompok memperoleh rata-rata hitung (mean) sebesar 57.56. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi yang diajar dengan metode ceramah memperoleh rata-rata hitung (mean) sebesar 37.69. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi yang diajar dengan menggunakan diskusi kelompok dengan Sig. 0,025 < 0,05.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:55
Last Modified: 06 Oct 2021 07:55
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item