PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS DAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

ANNISA SEPRIANI, ANNISA SEPRIANI (2019) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS DAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Annisa Sepriani 1500887203021 PE.pdf

Download (707kB)

Abstract

ABSTRAK Sepriani, Annisa. 2019. Skripsi. Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks dan Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari. Pembimbing I: Lili Andriani, S.Pd, MM. Pembimbing II: Zuhri Saputra Hutabarat, S.PD, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah ada perbedaan rata – rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Pair Checks, (2) Apakah ada perbedaan rata – rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Make A Match, dan (3) Apakah ada perbandingan hasil belajar ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Pair Checks dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Make A Match. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 313 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, sehingga terpilih 39 orang siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan 39 orang siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menyebarkan soal kepada responden penelitian serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Uji t dengan menggunakan program SPSS for Windows Version 16. Hasil penelitian menjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks memperoleh rata-rata hitung (mean) sebesar 80,58 (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match memperoleh rata-rata hitung (mean) sebesar 74,79, dan (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi yang di ajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, dengan nilai 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 07 Oct 2021 02:55
Last Modified: 07 Oct 2021 02:55
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item