PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII DI SMP NEGERI 6 KOTA JAMBI

NURFIYANI HIDAYAH, NURFIYANI HIDAYAH (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII DI SMP NEGERI 6 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Nurfiyani Hidayah 1500884202002 PM.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hidayah, Nurfiyani. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash Cs6 Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Garis Dan Sudut Kelas VII Di Smp Negeri 6 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Batanghari Jambi, Pembimbing (1) Aisyah, S.Pd.,M.Pd (II) Sri Dewi, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Adobe Flash Cs6, Contextual Teaching and Learning, Garis dan Sudut, ADDIE. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk berupa Media pembelajaran matematika Menggunakan Adobe Flash Cs6 Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Garis Dan Sudut Kelas VII. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah (1) angket evaluasi ahli media, (2) angket evaluasi ahli desain, (3) angket evaluasi ahli materi, dan (4) angket respon siswa. Uji coba dilakukan dalam 3 tahap yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan ujicoba lapangan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas VII D SMP N 6 Kota Jambi yang mengikuti pembelajaran menggunakan Media Pembelajaran Matematika tersebut. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan media pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash Cs6 Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Garis Dan Sudut, (2) kualitas media pembelajaran dilihat dari aspek kevalidan media pembelajaran dari ahli media sebesar 77,89% dengan kategori valid, ahli desain sebesar 82,66% dengan kategori valid, dan ahli desain sebesar 84% dengan kategori valid. Dan kualitas media pembelajaran dilihat dari aspek kepraktisan media pembelajaran dilihat dari penilaian respon siswa pada uji perorangan sebesar 83,33%, pada uji kelompok kecil sebesar 81,56%, dan pada pada uji lapangan sebesar 80,35% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash Cs6 Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Garis Dan Sudut yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai referensi bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:52
Last Modified: 07 Oct 2021 03:52
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item