PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) KELAS X SMK NEGERI 2 KOTA JAMBI

Siti Rohimah, Siti Rohimah (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) KELAS X SMK NEGERI 2 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Siti Rohimah 1500884202003 PM.pdf

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Rohimah, Siti. 2019. Pengembangan Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Kelas X Smk Negeri 2 Kota Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Batanghari Jambi, pembimbing (I) Dr. Zulyadaini, M.Pd. (II) Eni Defitriani, M.Pd. Kata Kunci : Modul Matematika, Science, Technology, Engineering, And Mathematics Masalah ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas buku yang ada disekolah di SMK Negeri 2 kota jambi. Sehingga guru menggunakan modul dalam pembelajaran matematika di SMK. Namun modul yang digunakan hanya terfokus pada penjelasan singkat dan latihan yang tidak memuat pembelajaran secara kontekstual. Dibutuhkan modul pembelajaran secara konekstual dan dapat membuat siswa lebih aktif maka pendekatan STEM sangat cocok untuk digunakan. Melalui pendekatan STEM ini mampu melatih kemampuan siswa untuk melakukan pemecahan masalah dengan kreatifitas sehingga siswa lebih aktif dan terampil. Maka diperlukan pengembangan modul di SMK Negeri 2 Kota Jambi dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics). Penilitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul matematika dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics pada materi vektor dilihat dari kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu meliputi lima tahap yaitu tahap analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), imlement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Subjek digunakan dalam penelitian ini berupa (a) lembar validasi untuk ahli materi, ahli desain dan ahli media yang berfungsi untuk menentukan kevalidan modul matematika, (b) angket respon siswa yang berfungsi untuk menentukan kepraktisan modul matematika dan (c) soal post – test yang berfungsi untuk keefektifan modul matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics pada materi vektor tergolong dalam kategori baik dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran dilihat dari hasil validasi ahli memperoleh skor rata – rata 3,8 dengan presentase 76,9% , tergolong dalam kategori praktis dilihat dari hasil angkat respon siswa yang memperoleh skor rata – rata 4,5 dengan presentase 89% dan tergolong efektif dilihat dari hasil perhitungan ketuntasan siswa terhadap soal post – test yang memperoleh skor rata – rata 0,89 dengan presentase 88,89%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:37
Last Modified: 07 Oct 2021 04:37
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item